Apa arti simbol segitiga pada botol? Yuk kenali!

Arti Lambang Reycicle Pada Botol - Botol - Berita Aneh Unik dan ...

Pernahkah kalian melihat simbol segitiga seperti diatas di kemasan botol minum plastik? Simbol segitiga yang biasanya tertera di bawah botol tersebut sudah dijadikan sebagai kode internasional, dikhususkan untuk memberikan standarisasi tanda pengenal pada masing-masing botol plastik yang akan dijual. Ternyata, simbol yang terdiri atas segitiga dan angka ini menunjukkan dari bahan apa wadah tersebut dibuat. Kalian harus tau dong 7 makna logo segitiga di wadah plastik!

  • Segitiga dengan kode angka 1: PETE atau PET (polyethylene terephthalate)
File:HK Plastic recycling mark black Resin identification code 1 ...

Simbol segitiga dengan kode angka 1 biasanya ditemui dalam botol plastik yang berwarna jernih atau transparan. Arti dari simbol segitiga yang berinisial PETE atau PET ini adalah bahwa botol plastik denagn tanda ini disarankan hanya digunakan untuk sekali pemakaian saja. Kalaupun terdesak untuk dipakai ulang hindari menyimpan air hangat atau panas di dalamnya. Pada suhu tinggi, lapisan polimer plastik berkode PETE atau PET akan meleleh dan mengeluarkan zat karsinogenik yang dapat menyebabkan kanker pada jangka panjang. 

  • Segitiga dengan kode angka 2: HDPE (high density polyethylene)

Simbol segitiga dengan kode angka 2 biasanya ditemui dalam Botol susu, tupperware, serta galon air. Sifat bahan ini jauh lebih kuat, keras, dan tahan terhadap panas dibandingkan jenis botol yang pertama. Karena itu, Anda tidak perlu khawatir karena bahan plastik ini aman digunakan dan terbebas dari bahaya reaksi kimia antara kemasan dengan minuman yang dituang. Meskipun mempunyai bahan plastik yang aman HDPE Sama seperti PET yang direkomendasiin cuma buat sekali pemakaian karena pelepasan senyawa antimoni trioksida terus meningkat seiring berjalannya waktu.

  •  Segitiga dengan kode angka 3: V atau PVC (polyvinyl chloride)

Simbol segitiga dengan kode angka 2 biasanya ditemui dalam botol-botol cairan pembersih komersil, sabun, sampo, pembungkus kabel, dan pipa plastik. Reaksi yang terjadi antara PVC sama makanan yang dikemas dengan plastik ini berpotensi. berbahaya buat kesehatan ginjal, hati, dan juga berpengaruh ke berat badan lho. Maka, sebisa mungkin hindari pemakaian plastik jenis ini dan sebaiknya cari alternatif pembungkus makanan lain.

  • Segitiga dengan kode angka 4: LDPE (low density polyethylene)

Simbol segitiga dengan kode angka 4 biasanya ditemui pada kantong plastik tipis transparan, kantong belanja (kresek), plastik pembungkus (cling wrap), atau botol minuman yang dapat diperas. Plastik ini dibuat menggunakan minyak bumi (thermoplastic). Karena memiliki resistensi yang cukup baik terhadap reaksi kimia. LDPE tergolong cukup aman untuk membungkus makanan atau minuman. Kuat, tembus cahaya, fleksibel, dan memiliki daya proteksi terhadap uap air adalah sederet kelebihannya.

  • Segitiga dengan kode angka 5: PP (polypropylene)

Simbol segitiga dengan kode angka 5 biasanya ditemui pada gelas plastik, tutup botol, botol susu, botol minuman, mainan anak, dan lain sebagainya. PP adalah pilihan jenis plastik terbaik; kuat, tahan panas, cukup resisten terhadap kelembapan, minyak, dan bahan kimia, serta berdaya tembus uap yang rendah. Bagi Anda yang memiliki bayi, lebih baik menggunakan jenis botol plastik dengan segitiga berangka 5 ini untuk menyimpan makanan Si Kecil.

  • Segitiga dengan kode angka 6: PS (polystyrene)

Simbol segitiga dengan kode angka 6 biasa ditemui pada styrofoamPolystyrene sangat tidak disarankan digunakan untuk membungkus makanan atau minuman. Plastik jenis ini, jika tak sengaja tertelan dapat menghambat pertumbuhan sistem saraf dan mengganggu kerja otak. Khusus bagi Anda para kaum hawa, meminum larutan yang tercampur plastik ini dapat mengakibatkan masalah pada produksi hormon estrogen dan kelancaran reproduksi.

  • Segitiga dengan kode angka 7: Other

Simbol segitiga dengan kode angka 7 biasa ditemui botol susu bayi, sippy cup, botol minum polikarbonat, termasuk kaleng susu formula. Terdapat 4 jenis plastik yang memiliki tanda seperti itu, di antaranya adalah jenis plastik SAN (styrene acrylonitrille), ABS (acrylonitrille butadiene styrene), PC (polyarbonate), dan nylon. SAN dan ABS adalah salah satu bahan plastik yang baik buat dipakai dalam kemasan makanan atau minuman. Karena kedua bahan ini punya resistensi yang tinggi sama reaksi kimia dan suhu, kekuatan, kekakuan, dan tingkat kekerasan yang udah ditingkatkan. Untuk PC nggak dianjurin dipakai buat tempat makanan atau minuman karena bisa mengeluarkan bahan utamanya yaitu Bisphenol A ke dalam makanan dan minuman yang berpotensi merusak sistem hormon, penurunan produksi sperma, dan mengubah fungsi imunitas.

Nah, setelah penjelasan di atas, akhirnya kalian jadi lebih tahu dong tentang berbagai simbol yang tertera di tiap botol minuman plastik dan benda-benda yang sering kamu pakai dalam kehidupan sehari-hari! Yang terpenting nih, apapun jenis bahannya, membersihkan botol minuman adalah hal yang nggak boleh kamu sepelekan gitu aja dan jangan sampai kamu asal-asalan melakukannya. Tetap cermat untuk kesehatan hidup yang lebih baik, ya!

This Post Has One Comment

Leave a Reply